Home » , » di Buku Tamu Obama Menulis "Saya Sangat Senang Kembali ke Indonesia "

di Buku Tamu Obama Menulis "Saya Sangat Senang Kembali ke Indonesia "


Presiden Amerika Serikat Barack Obama dan Michelle Obama tiba di Istana Merdeka, Jakarta. Hujan yang mengguyur Jakarta sekitar setengah jam sebelumnya berhenti dan menyisakan gerimis. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Ibu Negara Hj Ani Bambang Yudhoyono menyambut kedatangan Presiden dan First Lady AS itu di teras depan Istana Merdeka. 


Semula, upacara penyambutan ini dilangsungkan di halaman depan Istana Merdeka, sama seperti ketika Presiden SBY menerima Presiden Austria Heinz Fischer tadi pagi. Tapi karena hujan dan lapangan basah, Presiden SBY menerima Obama di teras. SBY dan Obama serta Ibu Ani dan Ny Michelle kemudian mendengarkan lagu kebangsaan kedua negara, disertai dentuman meriam. Ini merupakan kebiasaan yang berlangsung dalam upacara penyambutan kenegaraan.

Setelah kedua kepala negara memperkenalkan delegasi dan menteri masing-masing, SBY dan Obama kemudian menuju Ruang Jepara, di Istana Merdeka, untuk melangsungkan pembicaraan terbatas. Kedua pemimpin didampingi masing-masing dua anggota delegasinya. Sementara Ibu Ani dan Ny Michelle melakukan pertemuan terpisah di Wisma Negara, masih di dalam kompleks Istana Kepresidenan Jakarta.

Obama sempat menyampaikan salam dalam bahasa Indonesia. "Apa kabar? Selama sore," katanya menyapa wartawan, sebelum kemudian mengisi buku tamu di ruang dalam Istana Merdeka. Ini kali pertama Obama datang ke Indonesia, setelah dua kali tertunda. Obama pernah tinggal di Jakarta semasa kecil.

Obama lahir di Honolulu, Hawaii, AS, pada 4 Agustus 1961, dengan nama Barack Hussein Obama. Ia pindah ke Jakarta bersama ibunya Ann Dunham pada tahun 1967. Obama sempat bersekolah di sebuah SD di kawasan Menteng, Jakarta Pusat. Ketika berusia 10 tahun, Obama dikirm ibunya kembali ke Hawai dan tinggal bersama neneknya di sana.

Sejak menjadi Presiden AS, 20 Januari 2009, Obama telah dua kali berencana datang ke Indonesia. Tapi karena sejumlah alasan, baru kali ini rencana itu terlaksana.

"I'm so glad to return to Indonesia and hope the bonds between our countries to grow stronger." Saya sangat senang kembali ke Indonesia dan berharap ikatan diantara kita tumbuh semakin kuat. Begitulah Presiden AS Barack Obama menulis di buku tamu, usai upacara penyambutan kenegaraan di Istana Merdeka, Selasa (9/11) sore. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Ibu Negara Hj Ani Bambang Yudhoyono yang membaca tulisan tersebut tersenyum


Ibu Ani Mempertontonkan Kebolehannya Membatik kepada Michelle Obama


Usai mendampingi Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menyambut kedatanganan Presiden Amerika Serikat Barack Obama, Ibu Negara Hj Ani Bambang Yudhoyono mengajak Ny Michelle Obama berkeliling Wisma Negara di kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (9/11) petang. Ibu Ani memperkenalkan kekayaan kasanah budaya Nusantara. 


Ruangan di Wisma Negara disulap menjadi sangat indah dengan menonjolkan seluruh hasil kerajinan tangan dari daerah-daerah di Indonesia. Ibu Ani, yang tampak cantik dengan memakai kebaya berwarna biru, menceritakan sejarah setiap kerajinan tersebut. Setiap bilik menampilkan satu produk kerajinan satu daerah, seperti Aceh dengan The Hands of Faith, Palembang dengan Handful of Gold, Lampung dengan The Nurturing Hands, Sulawesi dengan The Ageless Hands, dan Jawa Tengah dengan Hand in Hand. Kepada Ny Michelle, yang anggun dalam gaun panjang bermwarna merah marun, Ibu Ani juga memperlihatkan wayang kulit, anyaman dari Kalimantan, dan permainan alat musik Sasando dari NTT.

Ibu Ani sempat mempertontonkan kebolehannya dengan membatik di selembar kain dengan tema parang. Michelle Obama tampak penasaran, lalu ia mencoba membuat batik kaung. "I wanna finish it,"kata Michelle, yang disambut tawa Ibu Ani dan ibu-ibu dari Solidaritas Isteri Kabinet Indonesia Bersatu (SIKIB) yang mendampingi Ibu Ani. Namun karena terbatasnya waktu, baik Ibu Ani maupun Ny Michelle hanya bisa menyelesaikan batiknya beberapa corak saja.
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Kakak dan Abel - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger