Home » » Apa Itu Google Sandbox Effect?

Apa Itu Google Sandbox Effect?

Ada sahabat blogger yang menanyakan sandbox itu apa? dan kalau blog kita terdaftar di situ dampaknya apa? Jadi apa itu Google sandbox effect? dari hasil penelusuran saya "sandbox atau Sandboxing“ adalah sebuah hukuman dari Google. Dampak dari Sandbox ini blog kita akan terjadi perubahan yang sangat drastis, khususnya traffic dan halaman index pada blog kita akan menghilang dari google secara tiba-tiba! 



Menurut keterangan yang ada pada Wikipedia yang sudah diterjemahkan berarti : 

Sandbox (alias sandboxing atau efek sandbox atau hukuman Google) adalah nama yang diberikan untuk sebuah pengamatan tentang cara Google mengamati (crawl) peringkat halaman web dalam indeks. Ini adalah subyek dari banyak-eksistensi perdebatan yang telah ditulis tentang Sandbox Effect tetapi tidak dikonfirmasi dan beberapa pengamat menyatakan bahwa mereka telah mengamati sebaliknya.Menurut efek sandbox, Google untuk sementara mengurangi page rank domain baru, menempatkan mereka ke dalam apa yang disebut sebagai “bak pasir” nya, dalam upaya untuk melawan cara-cara pengoptimalan search engine upaya untuk memanipulasi peringkat halaman Google dengan menciptakan banyak inbound link ke sebuah situs web baru dari situs web lain yang mereka miliki. Beberapa ahli SEO juga mengklaim bahwa sandbox hanya berlaku untuk frase kata kunci yang sangat kompetitif atau luas, dan dapat dinetralkan dengan menargetkan frase ekor panjang yang sempit. 

Sebuah “bak pasir terbalik” efek yang juga diklaim ada, dimana halaman baru dengan konten yang bagus, tetapi tanpa inbound link, sementara meningkat pada peringkat-sangat mirip dengan “Berita Baru” di toko buku ditampilkan lebih menonjol-untuk mendorong pembangunan organik dari World Wide Web. 

Dari keterangan diatas dapat kita simpulkan bahwa google memberikan hukuman kepada blog yang nakal,yaitu yang tidak mengidahkan peraturan-peraturan search engine dalam algoritma pencarian,dan secara kasarnya…google tidak mau lagi mengindex blog kita sehingga blog kita tidak akan muncul di halaman google search. 

Walaupun google sendiri tidak pernah membuat istilah resmi sandbox,tetapi kata ini sudah terkenal luas di kalangan webmaster di seluruh dunia. Bisa disimpulkan bahwa blog yang terkena “Sandbox” ini akan mendapat efek yang sangat besar terhadap domain dari blog yang bersangkutan. 

Apa ciri-ciri sebuah domain atau blog terkena google sandbox? 

Ciri-ciri yang paling sederhana dari domain atau blog adalah turunnya traffic atau visitor yang datang ke blog kita melalui search engine atau pencarian organic secara drastis atau bahkan hilang sama sekali dari halaman pencarian google. Tips untuk mengetahui apakah sebuah domain atau blog terkena google sandbox effect,kita dapat menggunakan cara seperti berikut di halaman utama pencarian google:
  1. url: domain anda —> contoh ; url:www.blablabla.com 
  2. menulis domain atau blog anda langsung —> contoh : http://www.blablabla.com 
  3. Menulis secara spesifik link post blog anda —> contoh; url: http://www.blablabla.com/seo-tutorials 
  4. Atau…..langsung menuliskan langsung url post blog anda tanpa menggunakan tambahan ” url: ” seperti diatas. 
Jika keempat cara diatas sudah anda coba dan domain anda muncul di halaman pencarian, berarti blog anda baik-baik saja. Tetapi sebaliknya, Jika tidak muncul maka bisa dipastikan bahwa blog anda terkena google sandbox,atau deindexed (tidak di indeks lagi oleh google).

Bagi anda yang menggunakan blackhat seo,mungkin hal ini sudah anda duga cepat atau lambat akan terjadi.Sedang bagi anda yang merasa tidak pernah berbuat curang atau bermain whitehat seo pasti akan bertanya-tanya bagaimana hal ini bisa terjadi menimpa domain atau blog anda? 

Secara umum dari keterangan yang disampaikan oleh wikipedia,hal ini dapat terjadi pada siapa saja, dan salah satu penyebab google tidak (mau) mengindex atau melisting blog kita dan menerapkan sandbox yaitu :

Tidak mengikuti atau secara terang-terangan (maupun sembunyi-sembunyi) melanggar TOS dari pencarian google,seperti : penggunaan kode/script yang bertujuan hanya untuk mendatangkan traffic secara instan maupun hanya ditujukan bagi robot (crawler) saja,dummy blog (blog spam) maupun pembuatan konten secara otomatis atau yang lebih dikenal dengan AGC (Auto Generated Content) 

Terlalu banyak inbound link atau link yang mengarah ke blog anda,sedang umur domain atau blog masih baru. Catatan : hal ini tidak berlaku jika inbox berasal dari authority sites. Konten/artikel yang ada pada blog post anda lebih dari 50% merupakan hasil meng-copy dari sumber lain tanpa anda berikan url dimana artikel itu berasal. 

Demikian sekilas tentang “Apa Itu Google Sandbox Effect?” semoga tulisan ini sedikit bisa membantu sobat yang bertanya-tanya tentang sandbox.
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Kakak dan Abel - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger