Home » , » Tip Apabila Diserang Serangga Tomcat

Tip Apabila Diserang Serangga Tomcat


Tip Apabila Diserang Serangga Tomcat | Tomcat adalah serangga yang  bernama ilmiah Paederus riparius beberapa waktu lalu menyerang warga di sejumlah permukiman padat penduduk di Surabaya. Hewan yang masuk dalam jenis kumbang itu memiliki mekanisme pertahanan diri bernama paederin. Paederin adalah hemolimfa (darah serangga) Cairan yang membuat gatal kalau disentuh. Apabila terserang atau tersentuh tomcat, tak usah buru-buru diusir atau dikibaskan, gunakan kertas atau alat lain untuk menyingkirkan dari tubuh anda sebab sekali menyentuh, paederin akan menempel di tubuh dan akan membuat gatal.


Paederin juga bisa bertahan lama di baju atau seprai yang tersentuh tomcat. Jadi meski tidak menempel di tubuh, racun ini bisa membuat gatal dari kain yang terkena paederin.  Tomcat tak akan mengeluarkan paederin bila merasa terganggu atau teramcam.

Biasanya hewan dengan warna terang itu menunjukkan bahaya racun di dalamnya. Ini adalah sebuah peringatan bagi musuh-musuh tomcat, seperti laba-laba. Pada tomcat, warna terang yang mengandung bahaya itu adalah warna oranye dan hitam yang berselang-seling di ruas tubuhnya. Gatal akibat tomcat akan bertahan kurang lebih dua-tiga hari.

Apabila tomcat menyerang Anda beberapa tip sebagai berikut:

1. Apabila Anda menemukan serangan ini jangan dipencet supaya racun tidak mengenai kulit. Masukkan serangga ini ke dalam plastik dengan hati-hati dan buang ke tempat yang aman.

2. Hindari terkena kumbang ini pada kulit terbuka.

3. Usahakan pintu selalu tertutup dan bila ada jendela sebaiknya diberi kawat nyamuk untuk mencegah kumbang ini masuk ke dalam rumah.

4. Sebaiknya tidur menggunakan kelambu jika memang di daerah yang Anda tinggali sedang dilanda serangan kumbang ini.

5. Bila mendapati serangga ini dalam jumlah yang banyak sebaiknya pada setiap lampu perlu diberi pelindung untuk mencegah kumbang ini jatuh ke manusia.

6. Apabila kumbang ini mengenai kulit, usahakan supaya Anda tidak menggosok kulit atau bagian mata.

7. Bila kumbang ini berada di kulit, singkirkan dengan hati-hati-hati, dengan meniup atau menggunakan kertas untuk mengambil kumbang dengan hati-hati.

8. Lakukan inspeksi ke dinding dan langit-langit dekat lampu sebelum tidur. Bila Anda menemukan kumbang ini segera matikan dengan menyemprotkan racun serangga, lalu singkirkan tanpa menyentuhnya.

9. Segera beri air mengalir dan sabuni kulit Anda yang bersentuhan dengan serangga ini.

10. Bersihkan lingkungan rumah, terutama tanaman yang tidak terawat yang ada di sekitar rumah yang bisa menjadi tempat atau sarang hidup kumbang ini.

Sumber : Tekno Tempo
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Kakak dan Abel - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger